You need to enable javaScript to run this app.

Dr Daniel Rohi: Ukuran Sukses Itu Cepat Akses dan Memahami Potensi Diri

Dr Daniel Rohi: Ukuran Sukses Itu Cepat Akses dan Memahami Potensi Diri

Oleh 

 

Kelas Inspirasi SMAN 1 Kupang pada edisi 9 September 2022 meghadirkan tokoh sebagai Narasumber Dr. Daniel Rohi, M.Eng.Sc.IPU yang juga alumni SMAN 1 Kupang tahun 1987 pengajar senior mata kuliah Pembangkit Listrik dan Transmisi Tenaga Listrik di  jurusan Teknik Elektro Universitas Kristen Petra.

Kehadiran Anggota DPRD Jawa Timur ini disambut Kepala Sekolah Dra. Marselina Tua, M.Si yang juga alumni SMAN 1 Kupang dan Wakasek Humas Bayulus Toko, S.Pd serta Mezra E. Pellondou, guru Bahasa Indonesia, Pokja Humas yang juga Alumni SMAN 1 Kupang tahun 1988.

Setelah berbincang-bincang, Daniel menuju ruang guru memberi inspirasi dan motivasi bagi adik-adiknya kelas X, XI dan XII dengan topik diskusi menarik dengan judul ‘Urgensi Pengembangan Soft Skill di Era Disrupsi Teknologi’.

Daniel yang lahir di Atambua-NTT yang juga Pengurus Pusat Insinyur Indonesia dan menamatkan SMAN  1 Kupang jurusan A1 (IPA) yang kini aktif menjadi peneliti dan pernah menjadi peneliti tamu Institute Fur Elektrische Energietechnik di Universitas Rostock Germany terkait Permodelan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Tahun 2018 Daniel juga tercatat sebagai peraih beasiswa dari Berlin “The Reunable Academy AG (RENAC)” terkait Kebijakan Energi.

Dalam diskusi bersama adik-adiknya di SMAN 1 Kupang  Daniel menegaskan kembali perihal ukuran sukses manusia yang mulai bergeser.

“Sukses tidak melulu soal uang dan harta. Ukuran sukses masa kini adalah bagaimana seseorang memiliki kecepatan akses dan memahami potensi dirinya untuk dikelola,”katanya.

Ada tiga tokoh komik yang dipakai Daniel untuk menggambarkan profil diri seseorang yaitu Superman, orang yang memiliki profil belajarnya sedikit saja langsung paham dan merespon dengan cerdas; atau  Spider man orang yang mampu membangun jejaring, mememiliki banyak teman dan sahabat,mudah bergaul, bekerjasama  dan berkolaborasi. Atau Aeoromen, pribadi pekerjakeras dan tekun.

Dengan mengenal profil diri, seseorang akan mampu mengelola dan mengembangkan dirinya dimulai dari mengetahui, memahami dan mengembangkan potensi -potensi dirinya untuk mencapai kesuksesan.

"Delapan puluh persen sukses ditentukan oleh softskill seseorang sedangkan 20 persen lainnya adalah efect dari pengetahuan dan kepintaran yang dimilikinya," tegas doktor Daniel.

Daniel Mengakui dirinya  sangat menyadari  profil dirinya adalah paduan antara Spiderman dan Aeoromen yang membuatnya bisa percaya diri dan mampu membangun jaringan, bisa bekerjasama,dan memiliki banyak sahabat.

Sedangkan sebagai sosok Aeroman, Daniel mengaku tekun, suka  bekerja keras, berlatih dengan tekun apapun yang dipelajari.

Menurut Daniel di masa depan nanti banyak  hal yang luar biasa akan terjadi atau bahkan hilang  dalam kehidupan manusia beberapa di antaranya adalah semua yang dikerjakan manusia akan dengan mudah digantikan oleh mesin.

Banyak sekali dimensi kemanusiaan hilang dalam dunia kerja dan publik. Sebaliknya banyak persoalan hidup menuntut diselesaikan dengan penuh kebijaksanaan sehingga integritas diri sangat dibutuhkan.

Demi menjawab tantangan  itu, Daniel berpendapat sudah saatnya setiap orang mempraktikkan manajemen stres. Di saat-saat seseorang menghadapi banyak masalah dan menjadi stres maka saat-saat seperti itu manusia bisa mengontrol diri dengan menerapkan Manejemen Stres agar bisa mengatur dirinya dengan bijaksana, mampu memimpin dan mengendalikan dirinya agar manusia tidak dipengaruhi oleh stres tetapi sebaliknya lebih  fokus pada hal-hal penting yang membuatnya mampu menghadapi stres dan mencapai kesuksesan.

Siswa sangat serius menyimak dan terlibat aktif dalam diskusi dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang langsung direspon dan dijawab doktor Daniel dengan lugas dan mudah dipahmi siswa. [MEP]

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Dra. Marselina Tua, M.Si

- Kepala Sekolah -

  Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya sehingga website SMA Negeri 1 Kupang…

Berlangganan
Banner